STUDI EFEKTIVITAS APLIKASI MOBILE JKN PADA PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) KOTA JAMBI
Main Article Content
Abstract
Jumlah peserta JKN Tahun 2021 Kepesertaan JKN Provinsi Jambi adalah 2.753.639 jiwa sebanyak 77,95%. Sedangkan untuk Kota Jambi jumlah peserta JKN adalah sebesar 94,55% penduduk atau sebanyak 586.893 dari jumlah penduduk sebanyak 620.703. Menurut hasil penelitian Wulandari (2019), bahwa efektivitas pelayanan dan informasi yang diberikan kepada masyarakat melalui aplikasi Mobile JKN sudah cukup efektif, hal ini banyak diungkapkan oleh masyarakat yang menggunakan aplikasi Mobile JKN namun masih banyak juga masyarakat yang belum menggunakan aplikasi ini dikarenakan belum memahami dalam menggunakan aplikasi tersebut. Dan masih terdapat kendala dalam penerapan aplikasi ini yaitu jaringan internet yang masih terbatas namun pelayanan dan informasi yang diberikan sudah cukup baik dan masyarakat merasa puas dengan pelayanan dan informasi yang diberikan. Hampir mendekati 100% dari jumlah penduduk, tentuakan semakin banyak peserta JKN menghadapi permasalahan dalam pelayanan Kesehatan dalam konteks administrasi, mulaidari status kepesertaan, perubahan fasilitas kesehatan, perubahan anggota kepesertaan, perubahan data peserta, perubahan jenis premi atau jenis pembayaran. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif yaitu pengamatan pada sampel-sampel untuk mengetahui gambaran variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa Kualitas Sistem 73.36% (Sukses), Kualitas Informasi 72,81% (Sukses), Kualitas Layanan 69.12% (Sukses), Kepuasan Pengguna 66,8% (Sukses), Manfaat Bersih 72,71% (Sukses), dan Efektivitas Aplikasi Mobile JKN 77 % (Sukses).
Kata Kunci: Efektivitas, Aplikasi Mobile JKN
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.