METODE PEMBELAJARAN DOKUMENTASI PARTOGRAF DALAM ASUHAN KEBIDANAN PADA PERSALINAN
Main Article Content
Abstract
Partograf adalah alat pemantauan persalinan normal dan juga sebagai alat pengambilan keputusan klinis, karena dengan adanya partograf maka persalinan yang tidak normal akan dapat dievaluasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat beragam metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk Student Center Learning (SCL) baik dikelas, laboratorium maupun klinik. Tujuan literature review ini juga untuk melihat sejauh mana topik dokumentasi asuhan pada persalinan khususnya metode pembelajaran untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam melakukan dokumentasi telah diteliti. Metode Penelitian ini merupakan systematic review. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian antara lain metode studi kasus, demonstrasi, multimedia, case based learning, simulasi, latihan, small group discussion, penuntun belajar jobsheet, peer tutoring serta kooperatif type STAD. Hasil literature review ini menunjukkan terjadi pengaruh metode pembelajaran terhadap ketrampilan dokumentasi asuhan kebidanan pada persalinan. Metode pembelajaran dengan cara studi kasus, simulasi, small group discussion, demonstrasi, tutor dengan teman sebaya dan kooperatif type STAD lebih berpengaruh dalam meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam membuat dokumentasi partograf. Dosen sebagai tenaga pendidik profesional sebaiknya mempertimbangkan metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam mempelajari materi yang disesuaikan dengan tujuan materi yang ingin disampaikan untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam dokumentasi asuhan pada persalinan (partograf).
Partograph is normal delivery and monitoring tools as well as clinical decision-making tool, because with the partograf the normal delivery will not be evaluated. In the implementation of learning, there are various methods that can be used for the Student Center Learning (SCL) either in class, laboratory and klinik. Literature review is also to see how far the topic of care documentation on labor, especially learning methods to improve the skills of the students in doing the documentation has been investigated. The learning method used in the study include the case study method, demonstrations, multimedia, case based learning, simulations, exercises, small group discussions, study guides jobsheet, peer tutoring and cooperative STAD type. The results of this literature review showed an influence on the teaching methods of documentation skills of midwifery care during labor. The learning method by means of case studies, simulations, small group discussions, demonstrations, tutors with peers and cooperative type STAD more influential in improving student skills in making partograf documentation. Lecturers as professional educators should consider learning methods that can be used in learning the material adapted to the purpose of material to be conveyed to improve the skills of students in care documentation at delivery (partograf).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.