HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. RASIDIN PADANG
Main Article Content
Abstract
Perilaku caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan di sebuah rumah sakit.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap RSUD.dr. Rasidin Padang.Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study.Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Agustus 2015 sampai Juli 2016.Populasi dalam penelitian ini sebanyak507 orang, sampel diambil secara purposive sampling dengan batasan waktu 2 minggu sampel sebanyak 84 orang. Data dianalisis secara distribusi frekuensi dan menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan 95%.Hasil penelitian didapatkan sebagian besar 39 (46,4%) perilaku caring perawat buruk, lebih dari separuh 50 (59,5%) responden tidak puas dengan perilaku caring perawat, terdapat hubungan bermakna antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pada pasien BPJS (p value = 0,002).Dapat disimpulkan bahwa semakin baik perilaku caring perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien maka tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan akan semakin baik juga. Disarankan bagi Intansi RSUD dr. Rasidin Padang untuk meningkatkan perilaku caring perawat dengan mengadakan pelatihan atau seminar tentang perilaku caring perawat sehingga perawat dapat menerapkan perilaku caring terhadap pasien.
Nurses caring behavior is critical in fulfilling patient satisfaction, it is becoming one of the indicators of quality of care in a hospital. More than half of that 60% patients have complained to the nurse caring behavior, said patients are not satisfied with the nurse caring behaviors. The purpose of this study was to determine the relationship with the nurse caring behavior BPJS level of patient satisfaction in inpatient of RSUD. dr. Rasidin Padang. This research was conducted in August 2015 until July 2016. The population in this study were 507 people, samples were taken by purposive sampling with a 2 week time limit sample of 84 people. Data were analyzed using frequency distribution and chi-square test with a significance level of 95%. The result showed most of the 39 (46.4%) nurses caring behavior worse, more than half of the 50 (59.5%) of respondents are not satisfied with the nurse caring behavior, there is a significant relationship between nurse caring behaviors with a level of satisfaction in patients BPJS (p value = 0.002).Can be concluded that the better behavior of caring nurse in giving nursing services to patients, the level of patient satisfaction with nursing care will be better too.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.