Kepemilikan Jaminan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Jetis 1 Bantul, Yogyakarta

Main Article Content

Aprianus Umbu Zogara

Abstract


Quality of service is an important thing that must be considered by every facility of health services in providing service to patients. Quality of service is closely linked with comprehensive and systematic services to provide excellent service without distinguishing any patients either public or health-care users. The purpose of this study to determine the relationship between the ownership of health insurance with patient satisfaction in Puskesmas Jetis 1 Bantul, Yogyakarta. This research is a quantitative research with cross- sectional design. Samples in this study were patients who came to visit or seek treatment and enrolled in Puskesmas Jetis 1 Bantul as many as 97 people taken by accidental sampling technique. Data were analyzed using chi-square analysis. The results showed most of the respondents who have collateral such as Askes, JKN, Jamkesda, and Jamkesmas (67%) were satisfied with the services provided. The result of chi-square correlation test shows that there is correlation between assurance ownership and patients satisfaction at Puskesmas Jetis 1 Bantul, Yogyakarta which is shown by Sig value. of 0.00 (Sig <0.05). This study can be concluded that there is a significant relationship between guarantee ownership and patient satisfaction with the majority of patients who have more satisfied health insurance.


 


Kualitas pelayanan merupakan suatu hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap fasilitas pelayanan kesehatan dalam memberikan pelayanan terhadap pasien.Kualitas pelayanan berhubungan erat dengan pelayanan yang komprehensif dan sistematis untuk memberikan pelayan yang prima tanpa membedakan setiap pasien baik umum maupun pengguna jaminan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepemilikan jaminan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Jetis 1 Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang datang berkunjung atau berobat dan terdaftar di Puskesmas Jetis 1 Bantul sebanyak 97 orang yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling.Data dianalisis menggunakan analisis chi-square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden yang memiliki jaminan seperti Askes, JKN, Jamkesda, dan Jamkesmas (67%) merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil uji korelasi chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara kepemilikan jaminan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Jetis 1 Bantul, Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai Sig. sebesar 0,00 (Sig < 0,05). Penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepemilikan jaminan dengan kepuasan pasien dengan mayoritas pasien yang memiliki jaminan kesehatan yang lebih merasa puas.


Article Details

Section
Articles