ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN DI RSIA MUTIARA BUNDA
Main Article Content
Abstract
Jumlah kunjungan pasien RSIA Mutiara Bunda pada tahun 2017 yaitu sebanyak 10897 kunjungan. Namun pada tahun 2018 mengalami penurunan yaitu menjadi sebanyak 10227 kunjungan. Kemudian terus menurun secara signifikan yaitu sebanyak 3628 kunjungan hingga bulan September 2019. Setiap rumah sakit harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dan perencanaan untuk dapat bersaing dimasa sekarang dan akan datang. Salah satu upaya untuk mengetahui strategi yang tepat bagi rumah sakit adalah dengan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh RSIA Mutiara Bunda berdasarkan analisis SWOT. Jenis penelitian adalah kombinasi kuantitatid dan kualitatif. Informan terdiri dari pemilik, direktur, wakil direktur, karyawan, dan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SO: meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak, menjalin kerjasama dengan instansi di bidang kesehatan, menggunakan alat dan bahan terbaru, dan memaksimalkan letak RS yang strategis. Strategi WO: melakukan kerjasama dengan BPJS, pengaturan jadwal dan tarif dokter, melakukan promosi melalui berbagai media, dan menambah jumlah SDM dan sarana untuk kegiatan promosi. Strategi ST: meningkatkan pelayanan unggulan di kesehatan ibu dan anak dengan pelatihan kepada SDM dan membuat pendaftaran online. Strategi WT: membentuk bagian pemasaran untuk meningkatkan kegiatan promosi. Simpulan : strategi pemasaran di Rumah Sakit perlu penangan yang serius dengan melihat meningkatkan kerja sama, memberikan pelayanan unggulan, melakukan monitoring program online, serta meningkatkan promosi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.