PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN PADA PENDERITA DEMENSIA ALZHEIMER DENGAN TERAPI KENANGAN: TINJAUAN SISTEMATIS

Main Article Content

Rusjini Rusjini
I Made Kariasa

Abstract

Latar Belakang: Terapi kenangan merupakan intervensi psikososial yang didasarkan pada ingatan tentang kegiatan, peristiwa, dan pengalaman masa lalu menggunakan bahan pendukung seperti video, foto, buku, dan musik. Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk mensintesis literatur ilmiah tentang terapi kenangan dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup terkait kesehatan pada penderita demensia Alzheimer.


Metode: Kami menemukan artikel berjumlah 393 yang dicari di database PubMed, EBSCOhost, Embase, Scopus, dan ScienceDirect menggunakan kombinasi kata kunci: "Alzheimer atau Demensia”, dan “Kesejahteraan atau Kualitas hidup", dan "Terapi Kenangan". Kriteria inklusi dalam tinjauan pustaka sistematik ini adalah tersedia teks lengkap, terbitan 5 tahun terakhir (2018 – 2023), memberikan informasi tentang pengaruh terapi kenangan pada kualitas hidup penderita demensia Alzheimer, ditulis dalam bahasa Inggris, dan menggunakan uji acak terkontrol.


Hasil: Sebanyak sepuluh artikel dimasukkan dalam analisis akhir, menunjukkan bahwa terapi kenangan, secara signifikan memberikan pengaruh terhadap kesejahteraan dan kualitas hidup terkait kesehatan pada penderita demensia Alzheimer.


Kesimpulan: Terapi kenangan individu atau kelompok menggunakan foto, video, musik, dan benda yang familiar pada penderita Alzheimer baik menggunakan teknologi digital maupun konvensional secara kontinyu dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup terkait kesehatan pada penderita demensia Alzheimer.

Article Details

Section
Articles