HUBUNGAN MINAT PENELUSURAN TERKAIT VAKSINASI BOOSTER COVID-19 DENGAN PEMBERIAN VAKSIN DI INDONESIA

Main Article Content

Dedis Oktaviani
Najmah Najmah

Abstract

Minat dan antusiasme masyarakat terhadap vaksinasi booster COVID-19 cenderung rendah dilihat dari angka cakupan vaksinasi booster di Indonesia yang baru mencapai 25, 84% per 31 Agustus 2022. Google Trends dapat digunakan sebagai alat pemantauan terhadap minat masyarakat di internet dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan minat penelusuran masyarakat terkait vaksinasi booster COVID-19 khususnya untuk jadwal, lokasi, dan efek samping dengan jumlah pemberian dosis ketiga vaksin COVID-19 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method Research dengan desain explanatory dan berjenis cross-sectional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Spearman Rho dan disertai analisis lag (+). Hasil penelitian menunjukkan puncak penelusuran tertinggi pada tanggal 24 Maret 2022 untuk kata kunci jadwal dan lokasi dan 30 Maret 2022 untuk efek samping. Terdapat korelasi yang signifikan antara penelusuran kata kunci terkait vaksin booster dengan pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga berupa “jadwal vaksin booster“ (rho= 3,018), “vaksin booster terdekat” (0,2638), efek vaksin booster (0,2744), dan lokasi vaksin booster (0,0666). Analisis  lag (+) tertinggi terdapat kata kunci “jadwal vaksin booster“ di lag ke-3 (rho= 0,3686). Ketertarikan dan perilaku pencarian masyarakat terkait vaksinasi booster di internet dapat dipantau dengan Google Trends.

Article Details

Section
Articles