PENGARUH EDUKASI GIZI "WHATSAPP GROUP" TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI

Main Article Content

Lena Zahra Fauziah
Nila Susanti
Normila Normila

Abstract

Pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang tepat dan baik ditujukan agar kebutuhan gizi anak dapat terpenuhi secara optimal sehingga ke depannya tidak menyebabkan gagal tumbuh. Semakin baik pengetahuan ibu akan berdampak pada praktik ibu memberikan MP-ASI untuk bayi maka akan semakin baik status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui whatsapp group terhadap pengetahuan dan praktik pemberian MP-ASI ibu balita di wilayah kerja Puskesmas Pahandut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita usia 6-12 bulan sebanyak 38 orang dengan teknik purposive sampling. Karakteristik ibu balita pada penelitian usia paling banyak adalah usia 17-25 tahun (50%), tingkat pendidikan ibu balita tamat SMA/MA/Perguruan Tinggi (60,5%) dan jenis pekerjaan ibu balita adalah ibu rumah tangga (86,6%). Persentase pengetahuan ibu sebelum diberikan edukasi (68,5%) kategori kurang dan setelah diberikan edukasi (92,1%) kategori baik. Praktik ibu sebelum diberikan edukasi (89,5%) kategori tidak sesuai dan setelah diberikan edukasi (92,1%) kategori sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi gizi melalui whatsapp group (p=0,000), dan ada pengaruh praktik ibu balita dalam pemberian MP-ASI sebelum dan sesudah edukasi gizi melalui whatsapp group (p=0,000).

Article Details

Section
Articles