KONSEP ANALISIS ADAPTASI PSIKOLOGIS PADA FASE AWAL KANKER PAYUDARA

Main Article Content

Yelmi Reni Putri

Abstract

ABSTRAK


Background: Kanker payudara menjadi kanker yang menempati urutan pertama yang terjadi pada perempuan, baik di Indonesia maupun di dunia. Global Observatory Cancer (GLOBOCAN) 2020 melalui website International Agency of Research on Cancer menjelaskan bahwa kanker payudara menempati urutan pertama dari 10 kejadian kanker diseluruh dunia. Jumlah penderita kanker payudara hampir mencapai separuh dari seluruh pasien dengan kanker, yaitu 47, 8 % (WHO, 2021). Peningkatan yang signifikan dapat dilihat dari angka kejadian kanker payudara setiap tahunnya. Angka kejadian dan angka kematian diperkirakan akan terus meningkat secara signifikan pada 5-10 tahun mendatang (Sung et al., 2021).


Purpose: Melakukan analisa konsep adaptasi psikologis yang di tinjau dari berbagai referensi dan bidang ilmu.


Method: Pencarian literature melalui beberapa mesin database diantaranya PubMed, EBSCO, Mendeley.com, dan Google scholar. Kata kunci yang digunakan adalah ‘adaptasi is AND concept AND definition’.


Result: 12 artikel ditemukan dari beberapa bidang ilmu dengan tahun terbit mulai 1952-2020.


Conclusion: Adatasi adalah suatu proses yang dilakukan individu, kelompok ataupun masayarakat untuk menerima situasi atau lingkungan baru yang dihadapi, yang sifatnya berubah – ubah untuk melangsungkan kehidupannya, bertahan hidup dan meningkatkan derajat kesehatannya


 


Kata Kunci: Adaptasi psikologis, Kanker Payudara

Article Details

Section
Articles