Aplikasi Pengenalan Masjid Gedhe Kauman Berbasis Mobile Augmented Reality

Authors

  • Muhammad Fadhlurrohman Rohman Universitas Teknologi Yogyakarta

Keywords:

Augmented Reality, Masjid Gedhe Kauman

Abstract

Masjid Gedhe Kauman, juga dikenal sebagai Masjid Raya Yogyakarta, memiliki peran penting dalam sejarah kesultanan Yogyakarta sebagai Kerajaan Islam. Didirikan pada tanggal 29 Mei 1773 M, masjid ini tetap menjadi warisan bersejarah yang utuh hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi augmented reality menggunakan metode Marker Based Tracker, dengan marker sebagai pemicu kamera untuk menampilkan objek 3D dan informasi sejarah yang relevan. Diharapkan penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi yang informatif dan interaktif, yang akan meningkatkan pemahaman terhadap sejarah Masjid Gedhe Kauman, aplikasi ini bisa dapat dijadikan panduan dan meningkatkan pengalaman bagi wisatawan untuk menjelajahi warisan bersejarah Yogyakarta secara mendalam.

References

S. Dadi Riskiono, T. Susanto, and Kristianto, “Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality,” Bandar Lampung, 2020.

G. S. Miarsih and Anwani, “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan ke Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta,” Journal of Tourism and Economic, vol. 1, no. 2, pp. 117–123, 2018, [Online]. Available: http://stieparapi.ac.id/ejurnal/

J. Dwi Gotama, Y. Fernando, and D. Pasha, “Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented Reality,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, no. 1, pp. 28–38, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

D. Nuryadin, I. S. Alam, and W. S. Pamungkas, “Penerapan Augmented Reality (Sub Judul: Augmented Reality),” 2019.

A. Wiharto and C. Budihartanti, “Aplikasi Mobile Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android,” PROSISKO, vol. 4, no. 2, pp. 17–24, 2017.

K. Fathoni, Y. Setiowati, and R. Muhammad, “Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Satwa untuk Anak Berbasis Mobile Augmented Reality,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 1, p. 32, Jan. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1797.

M. Siregar and I. Permana, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Mobile untuk Navigasi ke Alamat Pelanggan TV Berbayar (Studi Kasus: Indovision Cabang Pekanbaru),” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 82–94, 2016, [Online]. Available: www.hostinger.co.id

M. Syani and N. Werstantia, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Berbasis Mobile Android,” Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa |, vol. 1, no. 2, pp. 86–95, 2018.

Munawaroh, A. Priambodho, D. B. Muharto, F. C. Ramadhani, L. Rahmadila, and A. Saifudin, “Rekayasa Perangkat Lunak Kalkulator Berbasis Mobile Guna Memudahkan Berhitung,” Jurnal Teknologi Informasi dan Aplikasi, vol. 5, no. 4, pp. 261–267, 2022, doi: 10.32493/jtsi.v5i4.21254.

R. Muzawi, Y. Efendi, and W. Agustin, “Sistem Pengendalian Lampu Berbasis Web dan Mobile,” SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 29–35, Jun. 2018, doi: 10.33372/stn.v4i1.292.

I. Gunawan, L. Hernando, and W. Putra, “Aplikasi Absensi Mobile Berbasis Mapping Koordinat Lokasi (Studi Kasus : Lorus Celluler),” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 55–60, Apr. 2022, doi: 10.22216/jsi.v8i1.893.

A. Mubarak, “Peran Masjid dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pariwisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” Yogyakarta, 2021.

W. Saputra and Rahmayanti, “Latar Belakang Penilaian Pengguna Terhadap Kualitas Ruang Terbuka Publik Pelataran Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta,” Jurnal Linears, vol. 6, no. 1, pp. 37–47, Jul. 2023, doi: 10.26618/j-linears.v6i1.10524.

K. Nizomi, “Analisis Implementasi Seleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta,” Journal of Information and Library Studies, vol. 2, no. 2, pp. 153–170, 2019.

I. Rahmadillah and A. T. Laksono, “Semiotika pada Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta dalam Sejarah Seni Rupa Islam,” Journal of CONTEMPORARY INDONESIAN ART , vol. 9, no. 1, pp. 75–88, 2023.

E. Setyawati, “Keragaman Struktur Bangunan Masjid Islam Jawa (Studi Kasus: Bangunan Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta),” 2016. [Online]. Available: http://akucintanusantaraku.blogspot.co.id/2014/02/filosofi-dan-seputar-rumah-adat-jawa.html

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rohman, M. F. (2023). Aplikasi Pengenalan Masjid Gedhe Kauman Berbasis Mobile Augmented Reality . SAINS DAN INFORMATIKA : RESEARCH OF SCIENCE AND INFORMATIC, 9(2), 61–73. Retrieved from http://publikasi.lldikti10.id/index.php/jsi/article/view/2569