VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINDMAP

Authors

  • Ryan Amanda AMIK Boekittinggi
  • Dona Kurnia
  • Efmi Maiyana

DOI:

https://doi.org/10.22216/jsi.v7i2.723

Keywords:

Kata Kunci : Validitas, Media Pembelajaran, Mindmap

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, perasaan, sikap, dan kepercayaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Secara umum, media pembelajaran memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima siswa. Media pembelajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu proses kegiatan belajar-mengajar. Kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran ni akan berdampak pada jenuh dan kurang fokusnya siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Mindmap merupakan salah satu media yang berbasiskan cara kerja otak manusia, populernya media ini tentu tak lepas kesempatan untuk dikembangkan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalan research dan development dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop & Disseminate). Mindmap dbuat dengan aplikasi Imindmap dan dalam pengembangannya digabungkan dengan media power point. Dengan adanya penelitian ini diharapkan terlahirnya media mindmap yang memiliki tingkat validitas tinggi sehingga layak untuk diterapkan pada peserta didik.

 

 

References

A. Hidayat, 3 1, 2, 1, M. Sa’diyah, 2, And Santi Lisnawati, “Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor,” J. Pendidik. Indones., Vol. 09, No. 01 Februari, Pp. 71–86, 2020.

I. Aprinawati, “Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, Vol. 2, No. 1, Pp. 140–147, 2018, Doi: 10.31004/Basicedu.V2i1.35.

T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., Vol. 2, No. 2, P. 103, 2018, Doi: 10.32585/Jkp.V2i2.113.

D. Y. Ahmad Zaki, “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn Sma Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu,” Al-Ikhtibar J. Ilmu Pendidik., Vol. 7, No. 2, Pp. 809–820, 2020, Doi: 10.32505/Ikhtibar.V7i2.618.

P. Rani And D. Rahmawati, “Analisis Penerapan E-Business Studi Kasus Pada Pt. Sinar Mas Agro Resources And Technology (Smart), Tbk.”

W. Abdul, “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar,” Istiqra, Vol. 5, No. 2, Pp. 1–11, 2018.

T. R. Anggraini, “Menulis Dan Mencatat Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping),” J. Bind. Sastra, Vol. 1, No. 1, P. 52, 2017, Doi: 10.32502/Jbs.V1i1.668.

D. Dewantara, “Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Mindmapping Menggunakan Coggle Tm,” Thabiea J. Nat. Sci. Teach., Vol. 2, No. 1, P. 13, 2019, Doi: 10.21043/Thabiea.V2i1.4923.

D. Kurniawan, S. V. Dewi, And L. Kerja, “Seri Pendidikan Issn 2476-9312 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Issn 2476-9312,” J. Siliwangi, Vol. 3, No. 1, 2017.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Ryan Amanda, Dona, D. K., & Efmi , E. M. (2021). VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINDMAP. SAINS DAN INFORMATIKA : RESEARCH OF SCIENCE AND INFORMATIC, 7(2), 73–80. https://doi.org/10.22216/jsi.v7i2.723