Sistem Informasi Aplikasi Jual Beli Mobil Berbasis Android Di Metro Lampung

Authors

  • Pamuji Setiawan Pamuji STMIK Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.22216/jsi.v8i2.1746

Abstract

Abstrak

E-Commerce merupakan salah satu konsep yang  cukup berkembang dalam bidang teknologi informasi. Konsep E-Commerce memberikan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional, diantaranya semua informasi yang diinginkan konsumen dapat diakses lebih detail, cepat tanpa dibatasi tempat dan waktu. Dengan cukup padatnya masyarakat di Kota Metro maka volume kendaraan di kota ini juga cukup banyak terutama mobil.

Di Kota Metro Lampung banyak showroom yang bergerak dalam bidang jual beli mobil bekas, jual beli mobil dan pengelolaan transaksi penjualan merupakan bagian penting dalam menentukan lancarnya alur proses pemasaran. Salah satu showroom di kota Metro Lampung yaitu Karya muda motor, promosi yang dilakukan sudah menggunakan teknologi yang sudah berkembang yaitu melalui situs online jual beli. Namun, situs tersebut belum terhubung dengan sistem pengolahan data transaksi sehingga pihak showroom harus menulis data transaksi di sebuah buku atau Microsoft Excel untuk mengelola transaksi keuangan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem jual beli mobil bekas berbasis mobile pada platform Android yang sudah berhubungan dengan aplikasi berbasis desktop. Aplikasi mobile Android menjadi aplikasi pendukung untuk melakukan promosi mobil. Aplikasi desktop berupa aplikasi pengolahan data transaksi penjualan mobil bekas.

 

Kata Kunci : E-Commerce, Aplikasi Android

http://publikasi.lldikti10.id/index.php/jsi/article/view/1746

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Pamuji, P. S. (2022). Sistem Informasi Aplikasi Jual Beli Mobil Berbasis Android Di Metro Lampung. SAINS DAN INFORMATIKA : RESEARCH OF SCIENCE AND INFORMATIC, 8(2), 103–108. https://doi.org/10.22216/jsi.v8i2.1746